Waktu Aqiqah Menurut Islam

Waktu Aqiqah Menurut Islam

Kapankah Waktu Aqiqah Menurut Islam itu?. Jika merujuk pada bahasa arab, aqiqah memiliki arti memutus dan melubangi. Dalam pengertian, aqiqah merupakan aktifitas ibadah menyembelih hewan sebagai bentuk rasa syukur atas lahirnya si buah hati.

Hukum atas aqiqah berbeda berdasarkan pendapat ulama. Beberapa mengatakan bahwa ibadah aqiqah hukumnya wajib, beberapa mengatakan sunnah mu’akad dan adapula yang mengatakan sunnah.

Tetapi dari semua pendapat, yang paling shahih merupakan pendapat yang mengatakan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah mu’akad. Artinya, merupakan ibadah yang memang dianjurkan untuk dilaksanakan.

Pelaksanaan aqiqah itu sendiri disunnahkan ditunaikan di hari ke-7 setelah kelahiran si bayi.

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR.Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Menurut para ulama, hikmah disunnahkan melaksanakan aqiqah di hari ketujuh adalah untuk meringankan keluarga bayi. Jika aqiqah disunnahkan untuk dilaksanakan di hari awal misal hari pertama, keluarga bayi bisa kesulitan karena masih disibukkan dengan kehadiran bayi yang baru lahir.

Batas Waktu Aqiqah

Untuk batas waktu pelaksanaan aqiqah para ulama mempunyai beberapa perbedaan pendapat. Ulama Malikiyah berpendapat jika batasnya adalah tujuh hari, sehingga setelah hari ke-7 aqiqah sudah gugur. Sedangkan, ulama Syafi’iyah menjelaskan jika bolehnya melaksanakan aqiqah sebelum si anak mencapai usia baligh, dalam hal ini, aqiqah masih menjadi kewajiban orang tua.

Berbeda lagi dengan pendapat ulama madzhab Hambali, jika di hari ketujuh aqiqah tidak dilaksanakan, maka sunnah melaksanakannya di hari ke-14. Jika masih belum bisa untuk melaksanakannya, maka disunnahkan untuk dilaksanakan di hari ke-21.

Sedangkan menurut ulama Syafi’iyah, mengakhirkan aqiqah dibolehkan. Namun, tetap dianjurkan untuk tidak mengakhirkan hingga anak mencapai baligh. Ketika anak telah baligh, maka aqiqah dianggap gugur dan anak itu boleh memilih untuk melaksanakan aqiqah untuk dirinya sendiri.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari kambing yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir lagi walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada kami, Aqiah Brawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *