Salah satu hal yang penting berkenaan dengan aqiqah adalah mengenai umur kambing untuk aqiqah. Sependek pengetahuan dari penulis sabda Rasulullah SAW berkaitan tentang aqiqah yang umum diantaranya seperti hadits:

Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, maka disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud No. 2838).

Lalu, Berapa Umur Kambing Untuk Aqiqah?

Secara detail tidak ada nash atau hadits yang langsung menyebutkan mengenai syarat umur hewan untuk aqiqah, maka ada sebagian ulama yang mengkiaskan dengan ibadah qurban.

Menurut alim ulama Islam di Indonesia menyetujui jika syarat kambing aqiqah itu disamakan dengan persyaratan hewan untuk berkurban. Termasuk didalamnya mengenai umur kambing

Ringkasan ketentuan umur hewan kurban dapat disajikan seperti berikut berikut:

Ringkasnya, ketentuan umur hewan kurban disajikan pada tabel berikut:

Jenis Hewan Umur Minimal
Unta 5 tahun
Sapi 2 tahun
Kambing 1 tahun
Domba 6 bulan

Dari tabel diatas maka dapat diketahui bahwa syarat umur kambing Aqiqah adalah minimal 1 tahun.

Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hadits yang secara khusus menjelaskan mengenai usia kambing untuk aqiqah. Tapi, sebagian ulama mengkiaskan juga kepada ibadah qurban, seperti sehat, tidak cacat, tidak kurus sekali, dan juga tidak buta.

Memilih hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh keahlian khusus. Tapi anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan aqiqah yang terbaik untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.