Pentingnya Mengajarkan Sikap Baik Ke Anak Usia Dini

Pentingnya Mengajarkan Sikap Baik Ke Anak Usia Dini

Pentingnya Mengajarkan Sikap Baik Ke Anak Usia Dini.

Membantu anak usia dini belajar perilaku yang pantas, sopan, dan penuh pertimbangan memungkinkan mereka untuk membentuk perilaku yang baik dan menjadi lebih perhatian secara sosial ketika mereka semakin besar.

 

Ada banyak manfaat ketika Anda mengajarkan sopan santun kepada anak-anak. Setiap orang tua suka mendengar dari orang tua lain, guru atau orang tua mereka sendiri, betapa sopan dan santunnya anak-anak mereka.

 

Bagaimana Orang Tua Membesarkan Anak-anak yang Sopan?

 

  1. Model Perilaku yang Baik

Orang tua adalah tauladan pertama bagi anak saat dirumah. Karena anak usia dini adalah peniru yang ulung. Tahapan awal perkembangan anak adalah imitasi yaitu meniru. Apa yang didengar dan dilihat oleh anak dari orang tua mereka akan ditirukan. Sebagai seorang orang tua harusnya menjaga perilaku dan perkataan saat berada di sekitar anak. Mulailah dengan hal-hal penting.

Tolong dan Terima Kasih

  • Katakan “tolong” dan “terima kasih” sepanjang hari. Katakan itu kepada anak-anak. Katakan itu kepada pasangan Anda atau kepada tukang sayur di depan rumah. Pastikan anak-anak mendengar Anda menggunakan kata-kata ini beberapa kali sepanjang hari.
  • Perintahkan mereka untuk menggunakan kata-kata itu juga. Ingatkan mereka saat dibutuhkan. Jika anak Anda berkata, “Ingin itu …” atau  mengharapkan Anda untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu, ingatkan anak Anda untuk berkata dengan benar, menggunakan kata-kata seperti, “Bolehkah saya meminta tolong …” sebagai gantinya. Dan mengucapkan terim kasih setelahnya. Semua orang merasa baik ketika mereka berterima kasih, bahkan untuk hal-hal kecil.

Sabar

Mungkin perlu beberapa saat, perubahan ini tidak terjadi dalam semalam, terutama jika mereka baru dalam rutinitas keluarga. Tetapi dengan lembut (dan berulang-ulang) mengoreksi dan meminta anak-anak untuk menyatakan kembali permintaan mereka akan menuai hasil yang bermanfaat.

Empati

Menurut sebuah artikel melalui Parenting Science, empati adalah satu bentuk  keterampilan yang melibatkan 3 komponen utama, yaitu:

  • Kemampuan mengenal perasaan diri sendiri
  • Kemampuan memahami perasaan orang lain
  • Keterampilan menentukan respon terbaik terhadap emosi tersebut

Semua komponen ini nampak seperti sesuatu yang mudah dimengerti dan bersifat alami. Tapi kenyataannya, hal itu tidaklah mudah bagi seorang anak kecil yang baru belajar memahami kehidupan.

Ini semua tergantung kepada respon empati yang mereka rasakan. Empati ini dapat mulai diajarkan sejak mereka lahir, misalnya cara kita merespon terhadap tangisan mereka, belaian, atau komunikasi harian sangat berperan terhadap cara mereka mempelajari keterampilan ini.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *