Parenting Dalam Islam

Parenting Dalam Islam

Anak adalah amanat bagi orang tua, hatinya yang suci bagaikan mutiara yang bagus dan bersih dari setiap kotoran dan goresan. Dalam Islam, eksistensi anak melahirkan adanya hubungan vertikal dengan Allah Penciptanya, dan hubungan horizontal dengan orang tua dan masyarakatnya yang bertanggungjawab untuk mendidiknya menjadi manusia yang taat beragama.

Sebagaimana dalam QS Ar-Rum :30, dan Al A’raf ayat 172 dan hadits Rasululullah dari Abu Hurairah “ Tidak ada satu pun bayi yang lahir, kecuali dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, nasrani, atau majusi. Sebagaimana binatang melahirkan binatang, apakah kalian melihat ada kejanggalan? (HR: Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan Tarmizi).

Mendidik dan membina anak beragam Islam adalah merupakan suatu cara yang dikehendaki oleh Allah agar anak-anak kita dapat terjaga dari siksa neraka. Cara menjaga diri dari api neraka adalah dengan jalan taat mengerjakan perintah-perintah Allah. Sehubungan dengan itu maka pola pengasuhan anak yang tertuang dalam Islam itu dimulai dari:

  1. Pembinaan pribadi calon suami-istri, melalui penghormatannya kepada kedua orang tuanya.     
  2. Memilih dan menentukan pasangan hidup yang sederajat (kafa’ah)
  3. Melaksanakan pernikahan sebagaimana diajarkan oleh ajaran Islam
  4. Berwudlu dan berdo’a pada saat akan melakukan hubungan sebadan antara suami dan istri
  5. Menjaga, memelihara dan mendidik bayi (janin) yang ada dalam kandungan ibunya.
  6. Mentahnik anak yang baru dilahirkan. Tahnik artinya meletakkan bagian dari kurma dan menggosok rongga mulut anak yang baru dilahirkan, yaitu dengan cara meletakkan sebagian dari kurma yang telah dipamah hingga lumat pada jari-jari lalu memasukkannya ke mulut anak yang baru dilahirkan itu. Selanjutnya digerak-gerakkan ke arah kiri dan kanan secara lembut.
  7. Menyusui anak dengan air susu ibu dari usia 0 bulan sampai usia 24 bulan
  8. Pemberian nama yang baik.

Oleh karena itu pada setiap muslim, pemberian jaminan bahwa setiap anak dalam keluarga akan mendapatkan asuhan yang baik, adil, merata dan bijaksana, merupakan suatu kewajiban bagi kedua orang tua. Lantaran jika asuhan terhadap anak-anak tersebut sekali saja kita abaikan, maka niscaya mereka akan menjadi rusak. Minimal tidak akan tumbuh dan berkembang secara sempurna.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *