Para Orang Tua Harus Pintar

Para Orang Tua Harus Pintar

Parenting Education : Para Orang Tua Harus Pintar

Parenting Education (Pendidkan Parenting) adalah pendidikan yang berupaya untuk meningkatkan atau memfasilitasi perilaku orang tua yang akan mempengaruhi hasil positif perkembangan pada anak-anak mereka (Bornstein Vol IV:2002:434). Parenting education menjelaskan berbagai program pengajaran dan dukungan yang fokus pada keterampilan, perasaan, dan tugas menjadi orangtua).

Orang tua seharusnya terus mengedukasi diri demi tumbuh kembang anak. Berikut faktor mengapa para orang Tua harus pintar :

Konsep Keluarga

  • Keluarga merupakan suatu unit terkecil masyarakat yang terdiri dari dua orang atau lebih dan memiliki ikatan hubungan darah, tinggal disuatu tempat yang didalamnya terjadi saling berinteraksi antara anggota yang satu dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu juga, keluarga merupakan dasar bagi perkembangan anak selanjutnya, karena keluargalah memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk pola pemikiran anak dan mengenalkan nilai-nilai dalam kehidupan serta memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan anak.

Konsep Anak Usia Dini

  • Setiap anak usia dini memiliki karakteristik yang khas dan berbeda-beda. Maka sangat penting bagi orangtua tua untuk dapat memahami dan mengenali lebih jauh karakteristik dari anak. Perbedaan karakteristik tersebut akan membantu orangtua dalam pengasuhan di lingkungan keluarga, pengasuhan seperti apa yang sesuai dengan karakteristik dari anak. Pola pengasuhan yang diterapkan orangtua dalam keluarga akan berpengaruh terhadap proses pengasuhan tersebut. Oleh karena itu, pengasuhan yang diterapkan orangtua dalam lingkungan keluarga hendaklah sesuai dengan karakteristik anak dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak

  • Orang tua merupakan sumber belajar pertama anak sejak dia dilahirkan di dunia, bahkan sejak di dalam kandungan. Orang tua memiliki investasi yang besar terhadap setiap tahap perkembangan anak. Berbagai literatur menyebutkan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam mendidik anak, membawa anak menuju sukses dan membentukan karakter anak. Orang tua adalah model pertama bagi anak untuk bertutur dan bertindak sebelum mengenal pendidikan di bangku sekolah.

Dengan menjadi orang tua yang pintar, mengerti bagaimana harus bertindak dan berperilaku terhadap anak. Maka para orang tua akan menuai apa yang telah diterapkan kepada sang anak. Anakpun nantinya akan menjadi sebuah kebanggan bagi orang tua setelah ia dewasa.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *