Melaksanakan Aqiqah Selain Hari ke 7

Hukum menunaikan aqiqah untuk si buah hati yang baru lahir ke dunia ini adalah sunnah muakkad. Sunnah muakkad merupakan sunnah harus diutamakan.

Artinya, jika seorang muslim mampu melaksanakannya, maka dia dianjurkan untuk melakukannya. Sedangkan untuk seorang muslim yang tidak mampu karena suatu hal, maka pelaksanaannya dapat ditiadakan.

Dianjurkan untuk orang tua untuk melaksanakan aqiqah si buah hati pada hari ketuju setelah kelahirannya. Telah menjadi kesepakatan kaum Muslimin bahwa ibadah harus didasari dengan dalil, termasuk juga dalam aqiqah.

Aqiqah disyariatkan berdasarkan dari beberapa hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, diantaranya adalah:

كُلُّ غُلَامٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

“Setiap anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya, yang disembelih pada hari ketujuh (dari kelahirannya), ia dicukur dan diberi nama”. [HR Abu Dâud rahimahullah dan dinilai shahih oleh al-Albâni rahimahullah dalam Irwâ’ul Ghalîl no. 1169].

Aqiqah Selain Hari ke 7

Berdasarkan hadits diatas disunnahkan untuk melakukan penyembelihan aqiqah pada hari ke-7 setelah kelahiran si bayi. Tetapi, jika disembelih dihari lain, maka hal itu juga sah, ini berdasarkan dari keumuman hadits Sulaiman bin ‘Amir Radhiyallahu anhu yang berbunyi sebagai berikut:

مَعَ الْغُلَامِ عَقِيقَةٌ فَأَهْرِيقُوا عَنْهُ دَمًا وَأَمِيطُوا عَنْهُ الْأَذَى

“Bersama anak bayi ada aqiqah, sehingga sembelihlah sembelihan dan hilangkan gangguan darinya (mencukurnya)” [HR al-Bukhâri no. 5049].

Karena itu,dalam madzhab Hambali dan pendapat ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma dan Ishâq bin Rahawaih rahimahullah dinyatakan bahwa bila tidak bisa disembelih pada hari ketujuh, maka dibolehkan disembelih dihari ke-14 dan bila tidak bisa maka dapat dilaksanakan pada ke-21.

Apabila aqiqah dilakukan sebelumnya atau sesudahnya juga sah, karena tujuannya terwujud dengannya. Adapun madzhab dari Syafi’iyah menegaskan, jika aqaiqah tidak gugur dengan sebab tertunda. Tetapi, disunnahkan untuk tidak menunda penyembelihan aqiqah hingga si anak memasuki usia baligh.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *