Manfaat Melahirkan Normal vs Caesar

Manfaat Melahirkan Normal vs Caesar

Jutaan Ibu Tidak Menyadari ! Manfaat Melahirkan Normal vs Caesar

Melahirkan merupakan momen yang paling ditunggu jutaan ibu setelah berbulan-bulan. Dan yang menjadi pertimbangan penting  ialah melahirkan normal atau operasi caesar. Sebenarnya, melahirkan caesar dan normal sudah sama baiknya. Mengambil keputusan dalam memilih persalinan tergantung kondisi ibu dan bayi. Jika kondisi ibu dan bayi memungkinkan untuk melahirkan normal. Maka operasi caesar tidak disarankan.

Adapun alasan para ibu memilih melahirkan normal adalah agar lebih alami dan berasas seperti “ibu seutuhnya”. Dan tidak sedikit pula yang memilih operasi caesar agar tidak merasa sakit dan bisa menjaga kondisi vagina.Berikut manfaat yang diberikan pada kedua metode normal dan operasi caesar:

Manfaat Melahirkan dengan Normal

Persalinan normal adalah cara alami melahirkan bayi melalui vagina tanpa pembedahan. Metode ini dianggap sebagai cara paling aman dan paling disarankan untuk kondisi kehamilan yang sehat. Manfaatnya pun juga beragam .

  • Pemulihan lebih cepat

Ibu tak perlu menjalani rawat inap lama; sekitar 4-6 jam pasca persalinan, umumnya si Ibu sudah bisa berjalan dan keesokan harinya sudah boleh pulang dari rumah sakit. Rahim pun akan melalui proses alami untuk kembali ke bentuk semula.

  • Sang anak memiliki daya tahan baik
  • Lebih banyak menghasilkan air susu dan bisa melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) atau memberikan ASI pada bayi segera setelah melahirkan.
  • Mempercepat proses bonding antara ibu dan bayi.
  • Bayi yang terlahir secara normal memiliki risiko lebih rendah terhadap masalah pernapasan

Manfaat Melahirkan dengan Caesar

Operasi caesar dilakukan dengan membuat sayatan melintang di perut dan rahim ibu. Ada beberapa manfaat dari persalinan melalui operasi caesar, antara lain:

  • Menurunkan risiko terjadinya inkontinensia urine dan prolaps organ panggul (turun peranakan).
  • Lebih dianjurkan untuk ibu hamil yang memiliki penyulit atau komplikasi kehamilan
  • Risiko meregangnya otot-otot dasar panggul dan vagina menjadi berkurang. Proses persalinan dengan cara ini relatif singkat—membutuhkan waktu kurang dari satu jam

 

Nah, Moms! Itu adalah manfaat jika memilih metode normal maupun operasi caesar. Yang harus Bunda sadari bahwa, kedua metode sama-sama bertujuan untuk memperlancar persalinan serta menyelamatkan ibu dan bayi.

 

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *