Kecemasan Persalinan antara Primigravida vs Multigravida

Kecemasan Persalinan antara Primigravida vs Multigravida

Kecemasan Persalinan antara Primigravida vs Multigravida

Kehamilan dan persalinan merupakan suatu proses yang alami dan menimbulkan rasa sakit. Ketika seorang ibu harus menghadapi proses persalinan itu akan menimbulkan sebuah kecemasan.Namun dengan perasaan cemas inilah yang membuat sakit yang dirasakan lebih parah dari seharusnya.

Ada beberapa istilah yang digunakan dalam kebidanan, yaitu primigravida dan multigravida. Primigravida  adalah seorang ibu yang sedang hamil untuk pertama kali.Sedang multigravida adalah seorang ibu yang hamil lebih dari 1 sampai 5 kali.Pada umumnya ibu primigravida mengalami kecemasan lebih tinggi, dibandingkan dengan ibu multigravida dalam menghadapi persalinan.Itu disebabkan karena ibu baru pertama kali melahirkan.

Menurut Manuaba (2003), pada kehamilan pertama (primigravida) mayoritas ibu hamil tidak mengetahui berbagai cara mengatasi kehamilan sampai pada proses persalinan dengan lancar dan mudah, sehingga hal ini mempengaruhi kecemasan ibu hamil primigravida dalam menghadapi persalinan.

Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan ibu untuk menghadapi masalah kecemasan yang dialami oleh dirinya sendiri yaitu (Agustinus, 2011):

  • Kontrol Pernafasan yang Baik

Mengontrol pernafasan juga dapat mengurangi serangan panik. Kecemasan meningkatkan tension otot, tubuh menjadi pegal terutama pada leher, kepala, rasa nyeri di dada.

  • Melakukan Relaksasi

Rasa cemas membuat tingkat pernafasan semakin cepat, hal ini disebabkan otak bekerja memutuskan fight or flight ketika respon cemas diterima otak. Akibatnya suplai oksigen untuk jaringan tubuh semakin meningkat, ketidak seimbangan jumlah oksigen dan karbondioksida di dalam otak membuat tubuh gemetar, kesulitan bernafas, tubuh menjadi lemah dan gangguan visual.

  • Pendekatan Agama

Pendekatan agama akan memberikan rasa nyaman terhadap pikiran, kedekatan terhadap tuhan dan doa yang disampaikan akan memberikan harapan positif.Dukungan (suportif) keluarga efektif mengurangi kecemasan. Jangan ragu untuk menceritakan permasalahan yang dihadapi bersama-sama anggota keluarga. Ceritakanlah dengan tenang, katakan anda membutuhkan dukungan keluarga. Mereka akan mendukung anda saat persalinan.

  • Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan. Olahraga akan menyalurkan tumpukan stres secara positif. Lakukan olahraga yang tidak memberatkan, dan memberikan rasa nyaman kepada diri anda seperti senam hamil atau banyak melakukan aktifitas agar otot-otot dasar panggul ikut bergerak.

 

Untuk Anda para ibu Primigravida sebaiknya untuk selalu menambah wawasan tentang bagaimana persalinan. Banyak mempraktikkan hal-hal yang bisa menenangkan Anda.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *