Kapan Waktu Pelaksanaan Qurban

Kapan Waktu Pelaksanaan Qurban

Banyak pertanyaan tentang Kapan Waktu Pelaksanaan Qurban yang masih belum banyak diketahui umum. Masalah waktu pelaksanaan qurban sendiri memang perlu dipahami agar qurban seorang muslim bisa sah. Tanpa mengetahuinya, seorang muslim bisa menyembelih lebih awal atau malah terlambat.

Mengenai waktu penyembelihan qurban dijelaskan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya sebagai berikut :

“Barangsiapa yang menyembelih qurban sebelum sholat (Idul Adha). maka ia berarti menyembelih untuk dirinya sendiri. Barangsiapa yang menyembelih setelah sholat (Idul Adha). maka ia telah menyempurnakan manasiknya dan ia telah melakukan sunnah kaum muslimin.”

Dari Imam Nawawi rahimahullah dalam Syarh Muslim (13: 110) berkata jika waktu berqurban, hendaklah qurban itu disembelih setelah shalat atau waktu yang sekiranya setelah pelaksanaan sholat ied. Jika penyembelihan qurban dilakukan setelah waktu itu, sahlah qurbannya, baik imam melaksanakan shalat ‘ied ataukah tidak.

Bagaimana Tentang Menyembelih Qurban di Siang atau pun Malam Hari

Penyembelihan qurban dibolehkan dilakukkan di siang atau malam hari. Tapi, disunnahkan untuk menyembelihnya di siang hari agar lebih baik dalam penyembelihan dan orang-orang fakir dan miskin dapat hadir.

Imam Nawawi berkata tentang waktu penyembelihan qurban sebagai berikut:

“Para ulama berselisih pendapat mengenai bolehnya berqurban di malam hari dari malam-malam qurban. Imam Syafi’i sendiri membolehkan tetapi menilainya makruh. Demikian oleh Abu Hanifah, Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur dan jumhur. Sedangkan pendapat dari Imam Ahmad menyatakan tidak sahnya penyembelihan di malam hari bahkan dianggap seperti daging biasa dan bukan qurban”

Tetapi yang paling dianjurkan adalah masih bolehnya penyembelihan di malam hari. Alasan apara ulama yang tidak membolehkan adalah :

“Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir”. (QS. Al Hajj: 28).

Akhir Waktu Pelaksanaan Qurban

Seperti keterangan dari Syaikh Musthofa Al ‘Adawi hafizhohullah, tentang waktu akhir dari penyembelihan qurban. Maka tidak ada hadits yang shahih dari Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai hal itu. Karena itu, para ulama berbeda pendapat mengenai akhir waktunya. Ada 4 pendapat dalam akhir waktu penyembelihan qurban ini yaitu:

Waktu Pelaksanaan qurban hanya pada hari Idul Adha saja (10 Dzulhijjah).

Pendapat ini jelas alasannya, dan tidak ada khilaf jika waktu penyembelihannya pada 10 Dzulhijjah setelah shalat ‘ied menurut pendapat jumhur ulama. Menurut pendapat lainnya, penyembelihan pada hari tersebut dilakukan setelah imam menyembelih qurban.

Waktu penyembelihannya pada hari Idul Adha (10 Dzulhijjah) dan 2 hari setelahnya (11 dan 12 Dzulhijjah).

Hal ini tidak ada dalil shahih yang marfu’ (sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) selain atsar dari Ibnu ‘Umar yang mauquf  yang menyatakan bolehnya dua hari setelah Idul Adha. Ada atsar dari beliau yang menjelaskan bahwa tafsiran ‘ayyam ma’lumaat’ (hari tertentu yang disebut dalam surat Al Hajj ayat 28) dan termasuk di dalamnya hari ke-11 dan 12 Dzulhijjah, tetapi atsar ini dho’if.

Waktu penyembelihan qurban adalah sampai akhir Dzulhijjah.

Ini merupakan pendapat dari Ibnu Hazm, namun dasar yang digunakan adalah hadits dho’if. Ada juga pendapat demikian pula mengenai hadyu, namun pendalilannya juga dho’if.

Jadi sebaiknya melaksanakan penyembelihan qurban pada hari Idul Adha (10 Dzulhijjah), sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan. Hal ini lebih selamat dari perselisihan para ulama yang ada. Jika sulit melakukan pada waktu tersebut, maka boleh melakukannya pada 11 dan 12 Dzulhijjah sebagaimana pendapat jumhur (mayoritas) ulama. Wallahu a’lam.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *