Kapan Waktu Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah

Kapan Waktu Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah

Perbedaan diantara ibadah qurban dan aqiqah memang masih menjadi persoalan yang membingungkan di masyarakat salah satunya tentang Kapan Waktu Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah. Hal ini karena secara dhohir, kurban dan aqiqah memiliki kesamaan yaitu menyembelih hewan. Dan memang dalam hal ini baik berkurban maupun aqiqah boleh menggunakan hewan jantan maupun betina. Namun untuk aqiqah hanya menggunakan kambing dan sejenisnya saja, serta sama-sama berhukum sunnah muakkad.

Tetapi, kurban dan aqiqah sangatlah berbeda. Perbedaan ini ditinjau dari definisi pengertiannya, tujuan distariatkannya, jenis hewan yang digunakan, jumlah hewan yang disembelih, waktu penyembelihan, jumlah pelaksanaan yang disyariatkan, pemberian daging, wujud daging yang diberikan dan upah bagi penyembelih.

Pembahasan kali ini adalah tentang perbedaan Waktu pelaksanaan qurban dan aqiqah.

Perbedaan antara kurban dan aqiqah dilihat dari waktu penyembelihan. Jika qurban, harus dilakukan pada tanggal 10, 11,12 dan 13 Dzulhijjah atau pada Idul Adha dan hari Tasyrik saja. Hal ini seperti yang tertera dalam hadis Nabi Muhanmad SAW. Dari Aisyah ra menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Tidaklah anak adam melakukan suatu amalan pada hati Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (kurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya”. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim sanadnya sahih).

Sedangkan dari pelaksanaan aqiqah sangat dianjurkan pada hari ke-7 setelah kelahiran sang anak. Seperti dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Rasulullah SAW pernah beraqiqah untuk Hasan dan Husain pada hari ketujuh dari kelahirannya. Beliau memberi nama dan memerintahkan supaya dihilangkan kotoran dari kepalanya(dicukur).” (HR. Hakim)

Jadi dapat disimpulkan tentang perbedaan Kapan Waktu Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah.Dalam pelaksanaan aqiqah, jika orang tua tidak memiliki kecukupan maka boleh dilakukan selain hari tersebut. Bahkan Dapat dikerjakan sampai anak tumbuh dewasa dan baligh. Saat sudah baligh dan ternyata orang tua belum sempat mengaqiqahkan si anak, maka sunnah mengaqiqahkannya sudah hilang.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *