Kapan Mulai dan Berakhirnya Penyembelihan Hewan Kurban

Kapan Mulai dan Berakhirnya Penyembelihan Hewan Kurban

Kapan Mulai dan Berakhirnya Melaksanakan Penyembelihan Hewan Kurban?. Ternyata ada ketentuan khusus dalam waktu yang diperbolehkan dalam menyembelih hewan qurban.

Menurut Syeikh Wahbah Az-Zuhaily, para ulama telah mengambil kesepakatan bahwa waktu terbaik untuk menyembelih hewan qurban adalah pada hari pertama setelah sholat ied hingga sebelum matahari meredup atau sebelum masuk waktu salat Dzuhur. Namun, memang tidak dapat dimungkiri jika masih ada pula perdebatan soal Kapan Mulai dan Berakhirnya Melaksanakan Penyembelihan Hewan Kurban.

Melakukan Penyembelihan Sebelum Sholat Ied

Hari raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan qurban. Selanjutnya, daging qurban tersebut akan dibagi-bagikan kepada orang lain terutama fakir dan miskin. Tetapi, penyembelihan hewan kurban seharusnya tidak dilakukan pada saat sebelum pelaksanaan sholat ied.

Hal ini dikutip dari NU, para ulama mendasarkan ketentuan ini dari hadits riwayat Al-Bara’ bin ‘Azib. Yaitu pernyataan Rasulullah SAW demikian, Artinya:

“Sungguh yang pertama kali kami lakukan pada hari ini ialah shalat. kemudian kami pulang dan setelah itu menyembelih hewan qurban. Siapa yang melakukan hal demikian (menyembelih setelah sholat), maka dia telah memperolah sunnah kami. Tetapi siapa yang menyembelih sebelum itu. maka penyembelihannya itu sebatas menyembelih untuk keluarganya sendiri dan tidak dianggap ibadah qurban.” (HR Al-Bukhari).

Dalam pernyataan ini jelas disebutkan jika hewan kurban yang disembelih sebelum sholat ied hukumnya bukan bukan termasuk dalam ibadah qurban. Juga di ingat, meskipun waktu yang diperbolehkan untuk melakukan penyembelihan hewan qurban adalah hingga 4 hari (10-13 Dzulhijah), tetapi sunnah hukumnya jika dilakukan pada hari pertama sebelum matahari terbenam.

Waktu Awal untuk Penyembelihan Hewan Kurban

Penyembelihan kurban bisa langsung dilakukan setelah salat ied selesai. Bahkan jika tanpa menunggu khotbah selesai boleh dilakukan. Apabila tidak ada pelaksanaan salat ied, maka waktu penyembelihan diperkirakan tepat setelah salat ied usai.

Sementara itu, akhir waktu dari penyembelihan hewan qurban adalah tiga hari setelah Idul Adha, atau tepatnya 13 Dzulhijjah. Alasan dari para ulama meyakini hal ini adalah karena pada hari-hari tersebut merupakan hari-hari Mina, hari-hari tasyriq. hari-hari melempar jumrah, dan hari-hari yang diharamkan melakukan puasa.

Kapankah Waktu Mulai dan Berakhirnya Penyembelihan Hewan Kurban?

Pertanyaan tentang waktu penyembelihan hewan qurban apakah pada pagi, siang, sore atau malam hari. Dibahas jika pagi, siang, atau sore hari boleh saja melakakan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan hadits.

Lalu, bagaimana dengan malam hari?. Memang tidak ada dalil yang melarang, tetapi tindakan ini termasuk dimakruhkan. Karena dapat terjadi hal-hal yang tidak baik. Seperti pembagian daging yang tidak terkoordinasi, daging yang kurang segar, atau bisa juga tidak jadi dibagikan sama sekali.

Waktu awal untuk penyembelihan hewan kurban memang tidak boleh sembarangan. Ketentuan tersebut diberikan untuk mengurangi resiko terjadinya hal yang pada akhirnya merugikan. Dan ini berbeda dengan hewan kurban yang disembelih sebelum sholat ied hukumnya tidak sah, ketentuan yang lain hanya bersifat anjuran.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *