Jangan Lakukan 6 Hal Ini Kepada Anak

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Kepada Anak

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Kepada Anak

Membahas tentang Anak saat ini seperti tidak ada habis-habisnya, justru semakin menarik ketika Anda sebagai orang tua mengetahui fakta-fakta unik tentang permasalahan anak.

Menurut psikologi, anak adalah periode pekembangan yang merentang dari masa bayi hingga usia lima atau enam tahun, periode ini biasanya disebut dengan periode prasekolah, kemudian berkembang setara dengan tahun tahun sekolah dasar. Ada 6 pantangan orang tua dalam mendidik kepada anak :

  1. Jangan bandingkan anak sendiri dengan anak orang lain

Anak akan tidak percaya diri saat orang tua mulai membandingkan dia dengan anak lain. Ia tidak akan berani menunjukkan bakatnya.  Meyakinkan kemampuan diri itu penting

  1. Memberi hadiah (benda) untuk menghiburnya

Terkadang, penggunaan hadiah dalam mengembangkan sikap positif pada anak tidak selalu berhasil. Anak justru bisa menjadi ketergantungan dengan hadiah. Anak bisa saja hanya melakukan kebiasaan yang ingin ditanamkan hanya sekali untuk mendapatkan hadiah dan selanjutnya tidak melakukannya lagi.

  1. Jangan mengatur jadwal anak

Banyak ibu suka membatasi waktu anak,menyusun jadwal untuknya. Seperti setelah mengerjakan PR baru bermain. Padahal sebenarnya, Orang tua bisa membuat konsep mengerjakan PR sama dengan bermain. Saat anak dibiarkan bermain dia akan melihat dan mendengarkan, anak akan mencari jawaban dalam hiburan. Begitulah cara anak berkembang.

  1. Jangan memberi kelas tambahan

Ikut kelas tambahan demi mendapat nilai bagus. Hal itu akan membuat anak berpikir bahwa belajar itu demi nilai. Jika biaya kelas tambahan itu disimpan saja dan dipakai untu berwisata keluarga. Anak akan lebih cepat dalam proses belajar.

  1. Jangan memukul dan memaki anak

Sebuah penelitian yang melibatkan ratusan anak-anak di Universitas New Hampshire Amerika Serikat menunjukkan, anak yang sering mendapat pukulan, cenderung memiliki tingkat IQ yang rendah. Anak-anak yang sering dipukul orang tua, juga akan mendapat pengalaman traumatis yang dapat menekan otak secara negatif.

  1. Jangan berbohong kepada anak

Lebih baik jangan berbohong kepada anak. Misalnya, sudah janji bawa anak ke taman walau kita sudah capek tetap harus pergi.  Atau anak akan menganggap kamu bohong. Kalau anak tidak percaya dengan orang lain, dia akan kesepian seumur hidup.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *