Hukum Aqiqah dan Kapan Pelaksanaannya

Hukum Aqiqah dan Kapan Pelaksanaannya

Pembahasan dari Hukum Aqiqah dan Kapan Pelaksanaannya memanglah sudah di bahas oleh berbagai platform. Tiapi tidak salah juga untuk kita selalu terbuka untuk hal-hal  yang mungkin banyak yang belum diketahui. sebelum itu baiknya kita mengetahui dulu tentang dasar dari aqiqah itu sendiri.

Allah SWT menciptakan manusia berbeda-besa suku bangsa dan juga menciptakan seluruh makhluk di dunia ini untuk beribadah hanya kepadanya.

Sebagai umat muslim kita pastinya tahu bahwa setiap bayi yang lahir merupakan anugerah dari Allah SWT, dan dengan melaksanakan aqiqah atau memotong hewan sembelihan merupakan perwujudan rasa syukur atas lahirnya si kecil.

Dengan melakukannya orangtua yang memiliki anak hendaknya melaksanakan aqiqah dengan tujuan mensyukuri anugerah Allah dan menjalankan sunnah nabi Muhammad SAW.

Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunah muakkadah atau amat ditekankan pengerjaannya, jika muslim yang menunaikan ibadah ini memiliki kemampuan dan kelapangan harta.

Dalil tentang hukum aqiqah merujuk ke hadis diriwayatkan dari Salman bin Amir Addhobi. Dalam hadis itu Salman bin Amir Addhobi berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

“Bersamaan lahirnya anak laki-laki itu ada aqiqah maka tumpahkanlah (penebus) darinya darah (sembelihan) dan bersihkan darinya kotoran (cukur rambutnya)”. (H.R. Bukhari).

Selanjutnya , binatang yang disyariatkan untuk aqiqah adalah kambing atau domba. Bagi anak laki-laki sebaiknya dengan dua kambing, dan anak perempuan satu kambing.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Waktu Pelaksanaan paling ideal untuk melaksanakan aqiqah adalah pada hari ketujuh selepas kelahiran bayi. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya. Disembelih pada hari ketujuh, dicukur gundul rambutnya, dan diberi nama” (H.R. Ahmad).

Berdasarkan dari hadist diatas, para ulama menyepakati bahwa waktu pelaksanaan aqiqah yang paling baik adalah pada hari ke-7 setelah kelahiran si kecil. Tetapi, jika berhalangan, maka aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke-14 atau hari ke-21 setelah kelahiran.

Namun, jika keluarga berada dalam kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan pada saat itu, maka kewajiban aqiqah pun gugur. Karena, apabila memang benar-benar tidak mampu maka seorang muslim tersebut diperbolehkan untuk tidak melaksanakan ibadah aqiqah.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *