Hukum Aqiqah dan Kapan Pelaksanaannya

Hukum melakukan aqiqah menurut pendapat yang paling kuat merupakan sunah muakkadah. Ini merupakan pendapat jumhur ulama menurut hadits dari HR. Imam Ahmad, Al Bukhari dan Ashhabus Sunan yang artinya:

“Bersama anak laki-laki ada aqiqah, maka tumpahkan (penebus) darinya darah (sembelihan) dan bersihkan darinya kotoran (maksudnya cukur rambutnya)”

Untuk pelaksana aqiqah sendiri mayoritas jumhur ulama bersepakat bahwa pelaksanaan aqiqah adalah pada hari ketujuh setelah kelahiran. Hal ini berdasarkan dari sabda Nabi SAW yang artinya:

” Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ketujuh, dan dia dicukur, dan diberi nama ” .(HR Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dishahihkan oleh Tirmidzi).

Namun, menurut pandangan para ulama, jika aqiqah tidak bisa dilaksanakan pada hari ketujuh, aqiqah tersebut bisa dilaksanakan pada hari ke-14, dan jika tidak bisa juga maka pada hari ke-21.

Pendapat ini didasarkan dari hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Buraidah dari ayahnya dari Nabi SAW, beliau berkata bahwasannya,

“Hewan aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh, atau keempat belas, atau kedua puluh satunya” (HR Baihaqi dan Thabrani).

Jika setelah tiga minggu masih tidak mampu melakukan aqiqah, maka kapan saja boleh dilakukan di kala sudah mampu. Sebab, pelaksanaan pada hari ke-7, ke-14 dan ke21, sifatnya sunnah dan bukan wajib.

Sementara itu, untuk bayi yang telah meninggal dunia sebelum hari ketujuh disunnahkan untuk disembelihkan aqiqahnya. Aturan ini menurut beberapa ulama juga berlaku bagi calon bayi yang meninggal saat masih berada di dalam kandungan dengan syarat telah berusia empat bulan di dalam kandungan.

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *