Haruskah Aqiqah Kambing Jantan?

Haruskah Aqiqah Kambing Jantan?

Banyak pertanyaan seputar aqiqah yang masih belum di ketahui orang lain salah satunya Haruskah Aqiqah Kambing Jantan. Tapi sebelumnya baiknya kita mengerti apakah aqiqah itu. Aqiqah adalah perwujudan syukur kepada sang pencipta Allah SWT atas hadirnya si kecil di dunia ini. Dalam pelaksanaan aqiqah orang tua disunahkan untuk menyembelih kambing.

Namun dalam pelaksanaannya apakah harus menyembelih dengan kambing jantan? Tidak bolehkah menyembelih dengan kambing betina?

Mengenai hukum apakah Haruskah Aqiqah Kambing Jantan. Ini diperjelas oleh Imam Nawawi dalam kitabnya, Al-Majmū’ Syarḥ al-Muhadzzab, yang kurang lebih artinya:

“Dan diperbolehkan dalam berqurban dengan hewan jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. bahwa beliau pernah bersabda“. (aqiqah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing. Baik berjenis kelamin jantan atau betina, tidak masalah.” (Lihat: An-Nawawi, al-Majmū’ Syarḥ Muhazzab, Beirut: Dār al-Fikr, tt., j. 8, h. 392)

Haruskah Aqiqah Kambing Jantan

Menurut dari An-Nawawi, jika untuk aqiqah saja diperbolehkan menggunakan kambing jantan maupun betina, maka hal yang samapun juga berlaku dalam konteks qurban.

Ada anggapan jika daging kambing jantan itu lebih baik untuk dijadikan qurban datang dari Imam Arramli dalam kitab Nihayatul Muhtaj yang artinya:

“Boleh berqurban dengan hewan ternak jantan, betina dan hewan yang tidak jelas kelaminnya. Namun demikian, hewan ternak jantan meski warna bulunya kurang bagus, menurut pendapat yang zahir, lebih utama.”

Dari pendapat ulama di atas, dapat disimpulkan jika tidak ada aturan yang baku mengenai Haruskah Aqiqah menggunakan Kambing Jantan.

Singkatnya, tidak ada keutamaan yang lebih dari jenis kelamin ternak yang satu dengan lainnya, termasuk hukum dari kelamin hewan untuk aqiqah si kecil.

Yang terpenting adalah hewan yang akan diqurbankan nanti sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan syariat, seperti cukup usia, gemuk, sehat, juga tidak cacat.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang masih mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *