Cara Orang Tua Hebat Mendidik Anak Usia Dini

Cara Orang Tua Hebat Mendidik Anak Usia Dini

Cara Orang Tua Hebat Mendidik Anak Usia Dini

Adakah orang tua hebat di Dunia? Pasti jawabanya sangat beragam, karena hebat memiliki makna luas. Tidak mudah untuk menjadi orang tua. Seperti cuplikan dialog film Dua Garis Biru karya Gina S, bahwa “ Jadi orang tua itu bukan cuma hamil 9 bulan 10 hari. Itu pekerjaan seumur hidup”. Agaknya memang menjadi orang tua hebat itu terdengar klasik, namun Anda wajib berusaha menjadi hebat demi anak.

Anak usia dini merupakan manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan maka sering disebut Golden Age atau usia ke emasan, yang dimana perkembangan anak menjadi dasar dan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya. Oleh sebabnya, Orang tua jangan sampai salah dalam mendidik maupun memberikan contoh-contoh bagi anak. Berikut ini adalah beberapa cara mendidik anak ala Orang tua hebat :

  1. Bersikap lembut dan memberikan Sentuhan kasih sayang yang tulus

Sentuhan adalah bentuk komunikasi yang sangat ampuh. Kita bisa melakukannya dengan menepuk pundaknya dengan lembut, mengusap kepalanya dengan lembut dan lain sebagainya yang berupa sentuhan hangat yang membuat mereka merasa nyaman dan hangat berada di samping kita

  1. Jadi pendengar yang baik

Inti dari hubungan antara orangtua dan anak yang baik adalah komunikasi yang terbuka dan jujur. Komunikasi yang terbuka menggambarkan rasa hormat yang dalam kepada anak-anak kita dan melibatkan kompromi. Sebagai orang tua kita harus mendengarkan anak-anak kita, selain berbicara kepada mereka.

  1. Ajak si Anak belajar dengan bermain

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan bagi buah hati anda , dalam bermain sambil belajar. Misalnya, ajak anak anda untuk pergi ke kebun binatang. Disana anda bisa memperkenalkan kepada anak anda tentang nama-nama binatang, ciri-ciri atau karakter-karakternya, jenis makanannya, dan lain-lain. Atau anda bisa mengajak sang buah hati bermain ular tangga .

  1. Tidak berkata keras dan mengancam

Banyak orang bilang anak itu tidak bedanya seperti kertas putih yang kosong. Baik atau tidaknya anak juga tergantung dari yang diajarkan orang tua kepadanya. Oleh sebabnya cobalah untuk sebisa mungkin menghindari perkataan yang keras, mengancam atau bahkan meneriaki sang anak. Apabila perilaku anak mungkin terkesan nakal atau bandel, cobalah untuk menahan emosi Anda dan katakan dengan lembut serta bijaksan.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *