Bolehkah Membagi Daging Mentah untuk Aqiqah

Bolehkah Membagi Daging Mentah untuk Aqiqah

Walaupun sebagai bentuk penebusan atas kelahiran seorang anak, aqiqah sebenarnya termasuk pesta resepsi tapi apakah boleh membagi daging mentah untuk aqiqah. Setiap orang yang datang diajak berbahagia untuk menyambut kehadiran dair si buah hati di keluarga yang bersangkutan.

Jadi, daging aqiqah selalu dibagikan dalam keadaan sudah dimasak, dan jarang ditemui aqiqah yang membagikan daging dalam keadaan mentah.

Tetapi, pada dasarnya ada dua cara membagikan hewan aqiqah. Pertama, dengan membagi daging mentah untuk aqiqah kepada fakir miskin, kerabat, tetangga atau lainnya. Kedua, dimasak lalu dibagikan kepada fakir miskin, kerabat, tetangga atau lainnya atau mengundang mereka semua ke rumah.

Kedua cara itu boleh dilakukan karena sebagaimana dikatakan oleh Imam Ibnu Sirin, daging hewan aqiqah bebas digunakan untuk keperluan apa saja dan dibagikan seperti apa saja. Dalam kitab Almughni disebutkan yang artinya:

“Gunakanlah daging hewan aqiqah seperti apa saja yang kamu suka”.

Namun, kebanyakan ulama berpendapat bahwa daging hewan aqiqah akan lebih baik dibagikan dalam keadaan sudah masak. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Almusfashshal fi Ahkamil Aqiqah yang artinya :

“Kebanyakan ulama menganjurkan agar daging hewan aqiqah tidak dibagikan dalam keadaan, akan tetapi dimasak terlebih dahulu kemudian disedekahkan orang fakir.”

Imam Ibnul Qayyim Aujaziyah dalam kitab Tuhfatul Maudud juga menyebutkan tentang membagi daging mentah untuk aqiqah, jika salah satu alasan sebaiknya daging hewan aqiqah dibagikan dalam keadaan sudah masak. Menurut beliau, agar orang yang menerima daging hewan aqiqah dapat langsung makan dan tidak lagi mengeluarkan biaya untuk memasak daging hewan aqiqah tersebut.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *