Bolehkah Makan Daging Kurban Nazar

Bolehkah Makan Daging Kurban Nazar

Bolehkah Makan Daging Kurban Nazar ?. Umumnya kurban dibagi dua, yaitu  kurban sunah dan kurban wajib atau kurban nazar. Semua ulama sepakat jika anjuran makan dari hewan kurban sunah. Namun, mereka mempunyai berbeda pendapat terkait makan dari hewan kurban wajib atau nazar.

Ulama dari kalangan Malikiyah, Hanafiyah, Syafiiyah dan Hanabilah sepakat jika makan dari kurban sunah itu sangat dianjurkan. Dalam kitab Alfiqhul Islami disebutkan;

“Adapun kurban sunnah, maka disunahkan bagi yang berkurban untuk ikut makan dagingnya. bahwa yang paling utama bagi yang berkurban adalah mengambil beberapa suap untuk dimakan dengan mengalap berkah”

Hal ini berdasarkan dari firman Allah SWT “Maka makanlah sebagian dari hewan kurban dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir”. (QS. Al Hajj 22 : 36).

Sedangkan memakan daging kurban nazar atau wajib terjadi perbedaan ulam. Menurut ulama Syafiiyah, seluruh bagian kurban harus disedekahkan kepada orang lain, dan orang yang berkurban. Sedangkan kelurga yang wajib dinafkahi tidak boleh makan sama sekali karena Kurban ini karena nazar.

Ulama Syafi’iyyah berpendapat jika kurban yang dinazarkan atau ditentukan karena ucapan seseorang. Hewan tersebut menjadi kurban, maka orang yang berkurban dan yang dalam tanggungannya tidak diperbolehkan makan dagingnya, dia wajib menyedekahkan semuanya. Begitu juga menurut dari ulama Hanafiyah, haram memakan dari kurban nazar atau wajib.

Adapun ulama Malikiyah dan Hanafiyah, membolehkan untuk makan daging kurban wajib atau nazar sebagaimana kurban sunah.

Orang yang berkurban boleh membagi kurban wajib menjadi tiga bagian. Sebagian dimakan sendiri dan kelurganya, sebagian disedekahkan dan sebagian yang lain dihadiahkan kepada orang lain.

Sedangkan menurut ulama Malikiyah dan Hanabilah, boleh memakan kurban yang dinazarkan. Juga orang yang berkurban, baik kurban sunah atau nazar, dianjurkan untuk menyatukan antara makan sebagian kurban, bersedekah, dan menghadiahkan

Kesimpulannya, menurut ulama Syafiiyah dan Hanafiyah, orang yang berkurban haram dan tidak boleh makan dari hewan kurban wajib atau kurban nazar.

Sedangkan, menurut ulama Malikiyah dan Hanabilah, orang yang berkurban boleh makan dari kurban wajib  atau nazar sebagaimana boleh makan dari kurban sunah.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *