Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun

Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun

Banyak pertanyaan seputar aqiqah salah satunya adalah Apakah di bolehkah Aqiqah umur 2 tahun. Membangun suatu keluarga tentu saja berharap untuk mendapatkan seorang anak yang sehat. Bahkan beberapa pasangan rumah tangga merencanakan program kehamilan untuk menyiapkan nutrisi ibu hamil. Ini bertujuan supaya bayi yang dilahirkan nanti menjadi anak yang cerdas.

Kelahiran seorang anak memang memberikan warna dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, keluarga, kerabat dan orang terdekat. Melaksanakan aqiqah bisa menjadi pelengkap kebahagiaan.

Namun, dalam pelaksanaan aqiqah tidak semua orang memahami akan anjurannya atau karena kondisi ekonomi belum memungkinkan. Hal ini hingga membuat pelaksanaan aqiqah anak mudur hingga lebih dari 7 hari sunnah yang dianjurkan. Beberapa orang bisa mundur melaksanakan Aqiqah anak umur 2 tahun. Lalu Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun ? Dan bagaimana pelaksanaannya? berikut penjelasannya:

Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun?

Aqiqah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Salah satu dasar dari dianjurkannya menunaikan aqiqah dari hadits berikut ini;

“Setiap bayi tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan kambing untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama”. [HR Abu awud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522. Ibnu Majah no. 3165 dll dari sahabat Samurah bin Jundub Radhiyallahu anhu).

Hadits di atas menerangkan bahwa setiap bayi yang baru lahir itu tergadikan dengan aqiqahnya. Hal ini berarti, memang sangat dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah, jika keluarga yang mampu. Kebanyakan dari ulama telah sepakat jika melaksanakan aqiqah hukumnya adalah sunnah Muakkad. Bahkan beberapa ada yang bilang jika melaksanakan aqiqah hukumnya wajib.

Penyembelihan hewan aqiqah untuk anak laki-laki adalah 2 ekor kambing dan anak perempuan 1 ekor kambing. Waktu pelaksanaan aqiqah ini sendiri seperti sebaiknya dilakukan pada hari ke 7 setelah bayi lahir. Tetapi, jika pada hari ketujuh belum memungkinkan, maka dapat dilakukan pada kelipatannya yakni hari ke 14 , ke 21 , ke 28 dan seterusnya. Namun, bagaimana jika usia anak sudah dua tahun dan belum diaqiqahi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dibolehkan atau tidak aqiqah anak umur dua Tahun. Berdasarkan beberapa dalil, banyak ulama berpendapat tetap anak bisa diaqiqahi karena tergadai dengan aqiqahnya. Sedangkan jika anak sudah baligh, ulama juga berbeda pendapat. Yang paling mashur adalah pendapat jika sudah baligh maka orang tua terlepas dari sunnah untuk mengaqiqahkan anaknya.

Nah, untuk jawaban dari Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun, dianjurkan untuk tetap melakukan aqiqah. Sehingga bagi Anda yang saat ini memiliki anak usia dua tahun atau lebih tetapi masih belum melaksanakan aqiqah, disunnahkan untuk melakukannya.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk kalian yang mencari kambing yang baik untuk dijadikan aqiqah si buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, kalian tidak perlu lagi khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu luang untuk memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu bapak dan ibu dalam menyiapakan keperluan aqiqah kalian untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Hubungi Kami di nomor WA 0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *