Bolehkah Aqiqah dilaksanakan sebelum hari ke 7

Kelahiran sang buah hati merupakan momen-momen yang sangat ditunggu oleh orang tua. Dengan lahirnya si buah hati terdapat juga ibadah aqiqah yang dapat dilaksanakan oleh orang tuanya

Hukum menunaikan aqiqah adalah sunnah muakkad, atau sunnah yang harus diutamakan. Artinya, jika seorang muslim mampu melaksanakannya maka ia sangat dianjurkan untuk melakukan aqiqah. Sementara unutk seorang muslim yang tidak mampu karena satu hal dan yang lain, maka pelaksanaan aqiqah dapat ditiadakan. Sangat dianjurkan untuk orang tua melaksanakan aqiqah pada hari ke-7 setelah kelahiran sang buah hati.

Lalu bagaimana jika sebelum hari ke tujuh kelahiran sudah aqiqah, apakah hukumnya sah?

Hukum dari Aqiqah disunnahkan untuk pada hari ketujuh adalah berdasar dari hadits Samurah bin Jundub radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama” (HR. Abu Daud, no. 2838; An-Nasa’i, no. 4225; Ibnu Majah, no. 3165; Ahmad 5: 12.)

Para ualama juga memberikan keterangan mengenai apakah sah dilakukan sebelum hari ketujuh kelahiran. Ulama Syafi’iyah dan Hambali menyatakan waktu penyembelihan aqiqah dapat dimulai sejak dari waktu kelahiran si buah hati.

Adapun ulama Hanafiyah dan Malikiyah yang menyatakan jika waktu aqiqah dimulai dari hari ketujuh kelahiran dan tidak boleh dilakukan sebelum hari itu. Namun, para ulama sepakat bahwa waktu aqiqah disunnahkan paling baik adalah pada hari ke-7.

Kalau melihat apakah atau tidaknya aqiqah sebelum hari ketujuh, dapat dibilang tetap sah yang terpenting setelah si buah hati itu lahir. Namun, lebih baik aqiqah dilakukan pada hari ke-7 setelah kelahiran.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *