Bolehkah Aqiqah di hari ke 21

Aqiqah dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkapkan kebahagian dan memanjatkan syukur kepada Allah SWT atas kelahiran si buah hati kedunia ini. Aqiqah dilakukan dengan penyembelihan hewan ternak seperti kambing, dan selanjutnya dibagikan kepada keluarga dan tetangga.

Mayoritas ulama berpendapat dalam pelaksanaan aqiqah yang utama adalah di hari ke-7 dari kelahiran si buah hati. Ini berdasarkan dari hadits Samurah bin Jundab, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, beliau bersabda sebgai berikut:

كُلُّ غُلَامٍ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ, تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ, وَيُحْلَقُ, وَيُسَمَّى

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya: ia disembelih hari ketujuh (dari kelahirannya), lalu dicukur, dan diberi nama.” (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan)

Namun, para ulama berbeda pendapat dalam penentuan hari ke-7. Jumhur ulama berpendapat, bila anak lahir pada hari Senin, maka aqiqahnya akan dilaksanakan pada hari Ahad. Sedangkan Malikiyah mengatakan, bila anak lahir di hari Senin maka aqiqahnya pada hari senin depannya.

Selanjutnya bila telah berlalu hari ke-7,  maka disunnah pada hari ke-14. Namun, jika masih belum siap, maka pada hari ke-21. Juga tetap sah aqiqah yang dilaksanakan sebelum hari tersebut atau sesudahnya. Hari-hari tersebut bukanlah pembatasan, tapi sebatas merupakan keutamaan saja.

Prinsipnya, muslim yang mampu disunnahkan untuk menyegerakannya. Namun, jika masih belum mampu, boleh dikerjakan sebulan, dua bulan, atau setahun, atau lebih saat telah memiliki kelapangan rizki.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *