Berapa Kambing Aqiqah anak laki laki ?

Berapa Kambing Aqiqah anak laki laki ?

Banyak sekali pertanyaan tentang aqiqah seperti berapa Kambing Aqiqah anak laki laki .Kehadiran si kecil yang sudah lama ditunggu-tunggu memanglah menjadi momen spesial sepanjang masa. Dengan kehadirannya orang tua juga mendapat kesempatan melakanakan sunnah untuk melakukan aqiqah.

Jumlah yang kambing yang disembelih berbeda antara anak laki-laki dengan anak perempuan. Untuk anak perempuan dianjurkan untuk menyembelih satu ekor kambing. Sedangkan untuk anak laki-laki adalah dua ekor kambing.

Dikutip berdasarkan dari riwayat Ummu Kurz al-Ka’biyyag yang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang aqiqah.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan benar adanya untuk anak laki-laki dianjurkan dua ekor kambing, dan anak perempuan satu ekor kambing.

“aqiqah disyariatkan sebagai perwujudan riil rasa bahagia kehadiran seorang anak, sedangkan kebahagiaan dengan kehadiran seorang anak laki-laki lebih besar. Karenanya, aqiqah anak laki-laki pun lebih banyak.” (Abu Ishaq as-Sirazi, al-Muhadzdzab)

Walaupun begitu, aqiqah tidaklah boleh menjadi beban bagi orang tua, sebab ini hanyalah sebuah anjuran, dan bukan kewajiban.

Jika kondisi keuangan orangtua hanya mampu membeli satu kambing, padahal mereka dikaruniai anak lelaki?

Aqiqah dengan seekor kambing untuk anak laki-laki dinilai cukup dan sah. Bahkan di kalangan ulama Malikiyah, jumlah kambing yang disunahkan untuk disembelih untuk aqiqah tidak ada perbedaan antara anak laki-laki maupun perempuan, yaitu satu ekor kambing.

Nabi Muhammad SAW pernah melakukan aqiqah untuk Hasan dan Husain, masing-masing dengan satu ekor kambing. Dalam hadits riwayat Imam Abu Daud dari Ibnu Abbas, dia berkata yang artinya:

“ Sesungguhnya Nabi SAW pernah melakukan aqiqah untuk Hasan dan Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).”

Tetapi meski boleh dan dinilai cukup dan sah dengan melakukan aqiqah dengan satu ekor untuk anak laki-laki.

Namun jika mampu dan tidak ada kendala, sebaiknya aqiqah untuk anak laki-laki disempurnakan dengan menyembelih dua ekor kambing.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk bapak dan ibu yang mencari kambing yang baik untuk dijadikan aqiqah si buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu lagi khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu luang untuk memilihnya sendiri. Sekarang ada kami, Aqiahbrawijaya yang siap membantu bapak dan ibu dalam menyiapakan keperluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Hubungi Kami di nomor WA 0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *