Berapa Jumlah Kambing Aqiqah Bagi Anak Laki Laki dan Perempuan?

Sebuah sunnah untuk melakukan aqiqah saat seorang orang pasangan telah dikaruniai anak. Aqiqah adalah penyembelihan kambing sebagai bentuk rasa syukur atas karunia hadirnya si kecil di keluarga.

Jumlah Kambing aqiqah bagi anak laki laki dan perempuan berbeda sesuai dengan ketentuan yang disepakati oleh para ulama. Aqiqah untuk anak laki-laki adalah dua ekor kambing, sementara anak perempuan adalah satu ekor.

Hal ini┬áDikutip berdasarkan riwayat Ummu Kurz al-Ka’biyyag yang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang aqiqah.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa benar adanya untuk anak laki-laki dianjurkan dua ekor kambing, dan anak perempuan satu ekor kambing.

Perbedaan tersebut tidak lepas dari kondisi sosial dan pemikiran masyarakat Arab, dimana kehadiran anak laki-laki lebih diharapkan.

“Akikah disyariatkan sebagai perwujudan riil rasa bahagia kehadiran seorang anak, sedangkan kebahagiaan dengan kehadiran seorang anak laki-laki lebih besar. Karenanya, akikah anak laki-laki pun lebih banyak.” (Abu Ishaq as-Sirazi, al-Muhadzdzab, Juz I, hal. 241)

Karena itulah alasan pembedaan jumlah kambing sembelihan akikah untuk anak laki-laki dan perempuan. Kadar dan raya syukur yang berbeda antara kehadiran anak laki-laki dengan anak perempuan, dimana anak laki-laki lebih diharapkan dan rasa bahagianya pun berlebih.

Walaupun begitu, aqiqah tidaklah boleh menjadi beban bagi orang tua, sebab ini hanyalah sebuah anjuran, dan bukan kewajiban.

Dalam memilih hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh keahlian khusus. Tapi anda tidak perlu khawatir, walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan aqiqah yang terbaik untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *