Aqiqah Dengan Kambing Betina

Masih banyak yang menanyakan bolehkah Aqiaqah dengan menggunakan kambing betina?

Salah satu syarat hewan untuk aqiqah menurut sunnah bisa dilihat dari kriteria umurnya dalam hal ini usia kambing atau domba yang akan disembelih untuk Aqiqah.

Tetapi tidak ada ketentuan yang baku mengenai jenis kelamin hewan tersebut. Sehingga diperbolehkan berkurban dengan hewan jantan ataupun betina. Dalam hadis dari Umu Kurzin radliallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Akikah anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk anak perempuan adalah satu kambing. Tidak jadi masalah apakah jantan maupun betina.” (H.r. Ahmad 27900 dan An Nasa’i 4218 dan dishahihkan Syaikh Al Albani).

Berdasarkan hadis diatas, As Sayrazi As Syafi’i mengatakan,  “Dibolehkan menggunakan hewan betina ketika akikah berdasarkan hadis ini, menunjukkan bahwa hal ini juga boleh untuk berkurban.” (Al Muhadzab 1/74).

Namun, bagi Anda yang mampu membeli hewan jantan, sebaiknya tidak menggunakan betina. Mengingat hewan jantan pada umumnya memang lebih mahal dan lebih bagus dari pada betina.

Sementara kita disyariatkan untuk memilih hewan yang sebaik mungkin untuk kurban maupun aqiqah. Sehingga pahalanya lebih besar.

“Siapa yang mengagungkan syiar Allah maka itu menunjukkan ketakwaan hati.” (Q.s. Al-Haj: 32)

Dalam memilih hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh keahlian khusus. Tapi anda tidak perlu khawatir, walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan aqiqah yang terbaik untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *