Aqiqah Anak Laki laki Kambing betina

Datangnya sang buah hati memanglah suatu momen bahagia yang telah ditunggu-tunggu. Setelah hadirnya sang buah hati di keluarga, sunnah untuk melakukan Aqiqah. Yaitu menyembelih kambing atau domba sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah sebagai bentuk syukur.

Perintah aqiqah ditujukan kepada orang tua sebagai hak anak, yang nantinya ditunaikan pada hari ke-7 bersamaan dengan mencukur rambutnya dan diberi nama.

Sunnah melaksanakan Aqiqah ini telah dijelaskan pada hadits hadis dari Umu Kurzin radliallahu ‘anha, perihal aqiqah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Akikah anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk anak perempuan adalah satu kambing. Tidak jadi masalah apakah jantan maupun betina.” (HR. Ahmad dan ashabus Sunan. Syaikh Al-Albani menyatakan shahih dalam Shahih al-Jaami’, no. 4106)).

Apakah Beloleh aqiqah Anak Laki laki dengan kambing betina ?

Untuk kadar hewan aqiqah ini. Yaitu dua ekor untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.

Berdasarkan hadis As Sayrazi As Syafi’i mengatakan bahwa boleh menggunakan hewan betina ketika akikah berdasarkan hadis diatas. Jadi tidak ada ketentuan pasti yang mengharuskan untuk aqiqah kambing jantan untuk anak laki laki.

Yang terpenting masih tetap memerhatikan syarat hewan tersebut. misalnya harus sehat, tidak boleh cacat seperti tidak buta, tidak ompong semua gigi depannya.

Namun, bagi Anda yang masih mampu membeli hewan jantan sebaiknya tidak menggunakan kambing betina. Melihat hewan jantan umumnya memang lebih mahal dan lebih bagus dari pada betina.

Dalam memilih hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh keahlian khusus. Tapi anda tidak perlu khawatir, walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan aqiqah yang terbaik untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *