Apakah Aqiqah Anak Laki laki Bisa Dicicil ?

Apakah Aqiqah Anak Laki laki Bisa Dicicil ?

Didalam pelaksanaan aqiqah memanglah banyak pertanyaan seprti Apakah Aqiqah Anak Laki laki Bisa Dicicil. Tetapi sebelum itu kita perlu mengetahui bagaimana dasar dari aqiqah dulul. Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunah muakkad. Sunah yang snagat dianjurkan jika mampu. Hukum sunnah ini didasarkan pada hadis yang artinya:

“ Barang siapa yang telah dikaruniai seorang anak dan ingin menyembelihkan baginya maka sembelihkanlah. Bagi bayi laki-laki dua ekor kambing yang sepadan, dan bagi bayi perempuan satu ekor kambing”. (HR. Abu Dawud: 2842 dan dihasankan oleh Albani dalam Shahih Abu Daud).

Dan hal ini lebih utama jika hewan aqiqah disembelih pada hari ke-7 setelah kelahirannya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya:

“Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya, disembelih kan untuknya pada hari ketujuh kelahirannya, dicukur gundul kepalanya, dan diberi nama”. (Shahih. HR. Ahmad, Abu Dawud, At Tirmidzi)

Tetapi, bagaimana jika orang tua masih belum mendapat kemudahan?. Apakah aqiqah anak laki laki bisa dicicil pada hari ketujuh dan seekor kambing lainnya diwaktu yang lain?

Jika kondisinya masih belum memungkinkan untuk langsung menyembelih 2 ekor kambin untuk aqiqah anak laki laki, maka ada tiga alternatif dalam hal itu;

1. Cukup menyembelih seekor kambing dan tidak perlu menyembelih lagi diwaktu yang lain

Karena beraqiqah dengan seekor kambing untuk anak laki-laki sudah dianggap cukup, sedang dua ekor adalah sunnah. Hal ini didasarkan pada perbuatan Nabi shallallahu alaihi wasallam sebagaimana yang diceritakan oleh Ibnu Abbas radhayallahu anhu sebagai beritkut:

“Bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam mengaqiqahi Hasan dan Husain masing-masing dengan seekor kambing”.(Shahih. HR. Abu Dawud).

2. Menundanya hingga cukup lapang

Hal ini dalam arti menunggu waktu yang lapang sehingga kedua kambing disembelih pada waktu yang bersamaan. Zaid bin Aslam rahimahullah, seorang ahli ilmu dari kalangan tabi’in, berkata saat ditanya tentang sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam “Dua ekor kambing yang sepadan”. Hal ini berdasarkan dari:

“Keduanya serupa/sepadan dimana keduanya disembelih bersamaan dalam arti penyembelihan kambing yang satu tidak ditunda dari kambing yang lain”. (Fathul Bari 15/396)

3. Menyembelih apa yang anda miliki saat itu dan menyembelih kambing lain dikala datangnya kemudahan.

Hall ini dengan penjelasan bahwa makna dari sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam, dari “Dua ekor kambing yang sepadan”. Merupakan sepadan dalam usia dan fisik. Selama ada kelonggaran menunaikan aqiqah diluar hari ke-7 maka in sha allah sah menyembelih yang satunya diwaktu yang lain. Yang terpenting adalah pemenuhan bilangan , yaitu dua ekor kambing bukan pemenuhan waktu.

Kesimpulannya untuk pertanyaan Apakah Aqiqah Anak Laki laki Bisa Dicicil. jika seseorang memiliki kemampuan, maka hendaklah menyembelih dua ekor kambing secara bersamaan dihari yang ketujuh. Tetapi, jika kemampuan terbatas dan hanya mencukupkan dengan menyembelih seekor kambing, maka hal itu cukup dan dinyatakan cukup. Namun, jika orang tua menyembelih seekor kambing dihari yang lain dalam rangka memenuhi yang kurang maka hal itu tidak mengapa, in sha allah.

Semoga Bermanfaat

———————————–

Untuk anda yang sedang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu lagi khawatir walaupun anda tak punya waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Kami Aqiah Brawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang, Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *