Apa Syarat Syarat Aqiqah?

Syarat aqiqah merupakan salah satu hal yang mesti diperhatikan bagi anda yang akan melaksanakan aqiqah untuk si buah hati yang telah ditunggu-tunggu.

Sebenarnya syarat dari aqiqah bukanlah hal yang sulit, hanya saja terkadang ada saja dari penyedia aqiqah maupun yang bersangkutan itu sendiri yang tidak melaksanakan syarat aqiqah itu sendiri.

Aqiqah bukan cuma sekedar membeli hewan kambing atau domba dan membagikannya, tetapi sebelum itu juga ada syarat-syarat yang perlu anda ketahui, diantaranya:

1. Jumlah Kambing yang disembelih

Syarat yang pertama adalah dari jumlah kambing atau domba yang disembelehi nantinya. Untuk Laki-laki adalah 2 ekor, sedangkan untuk perempuan 1 ekor. Seperti yang di ungkapkan daari Ummul Mukminin, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

“Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka, untuk anak laki-laki akikah dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing.” (HR. Tirmidzi no. 1513. At Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan shahih)

Untuk kelamin yang dipakai untuk disembelih tidak menjadi masalah apakah kambing atau domba itu jantan atau betina. Karena di hadits hanya dijelaskan untuk jumlah kambing aqiqah yang perlu disembelih dan tidak dijelaskan secara detail tentang larangan dan anjuran kelamin hewan tersebut.

2. Hewan dalam keadaan sehat dan tidak cacat

Syarat yang kedua adalah memastikan kalau hewan aqiqah yang akan disembelih benar-benar dalam keadaan sehat dan tidak cacat.

3. Disunnahkan menyaksikan atau menyembelih sendiri hewan aqiqah

Syarat selanjutnya adalah disunnahkan bagi anda untuk menyembelih hewan aqiqah sendiri atau menyaksikan proses penyembelihannya. Bila anda tidak dapat menyaksikan pemyembelihannya, sebisa mungkin anda meminta dokumentasi secara jelas. Mulai dari sebelum potong sampai dengan proses potong dengan nama lengkap di hewan aqiqah tersebut.

4. Hewan sudah masuk umur untuk disajikan

Syarat aqiqah keempat adalah hewan aqiqah yang mau disembelih sudah masuk umur, baik kambing maupun domba. Syarat umur hewan untuk Aqiqah sama dengan syarat untuk hewan kurban yaitu minimal 1 tahun.

5. Sudah dalam keadaan masak saat dibagikan

Syarat aqiqah kelima adalah dging sudah dalam keadaan masak atau siap saji saat dibagikan. Hal ini berbeda dengan kurban yang diharuskan bahwa daging tersebut dibagikan dalam keadaan mentah.

6. Melakukan aqiqah di hari ke-7

Syarat aqiqah yang terakhir adalah disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh kelahiran si buah hati, ini berdasarkan salah satu hadist nabi yang artinya:

“Seorang anak terikat dengan aqiqahnya, ia disembelihkan aqiqah pada hari ketujuh lalu diberi nama” (HR. al Tarmidzi)

Demikian itulah beberapa syarat aqiqah perlu anda ketahui sebelum melaksanakan aqiqah.

Untuk anda yang mencari hewan yang baik untuk dijadikan aqiqah sang buah hati tentu butuh waktu yang cukup lama. Tenang, anda tidak perlu khawatir walaupun anda tak punya cukup waktu untuk datang langsung ke pasar hewan dan memilihnya sendiri. Sekarang ada Aqiahbrawijaya yang siap membantu anda dalam menyiapakan keprluan aqiqah anda untuk membuat momen anda dan si kecil lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *