5 Teknik Parenting ini Untuk Sang Buah Hati

5 Teknik Parenting ini Untuk Sang Buah Hati

5 Teknik Parenting ini Untuk Sang Buah Hati

Parenting merupakan serangkaian interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak, yaitu proses yang menyebabkan perubahan kedua belah pihak.

  • Teknik Parenting merupakan metode dalam menanggapi tindakan anak dalam upaya untuk memfasilitasi perilaku yang dapat diterima secara sosial (Grusec dalam Bornstein:2002:154). Teknik Parenting yang dikemukakan Grusec (dalam Bornstein: 2002:154) yaitu : 

 

  1. Discipline merupakan suatu teknik pengasuhan yang bertujuan untuk mengarahkan dan membentuk penalaran anak mengenai perilaku mereka dan meningkatkan empati pada anak.
  2. Monitoring merupakan suatu teknik yang bertujuan untuk memantau keberadaan dan kegiatan anak-anak. Monitoring pun bertujuan untuk memungkinkan orang tua untuk menerapkan penguatan, hukuman serta untuk melindungi mereka dari pengaruh negatif kelompok sebaya yang kurang baik.
  3. Reward atau Imbalan

 Rawarding adalah memberikan sesuatu yang menyenangkan atau ingin anak ketika ia berperilaku dalam cara yang diinginkan, sehingga perilaku diulang dan menjadi kebiasaan. Sebuah hadiah, hanya didefinisikan, adalah sesuatu yang anak Anda ingin. Dalam model ini, mereka dikategorikan sebagai Imbalan dasar dan  Imbalan dasar. Imbalan dasar termasuk item yang nyata, kegiatan, atau hak istimewa yang menurut definisi yang diinginkan oleh anak.

  1. Everyday Routines merupakan suatu teknik yang bertujuan untuk mempromosikan perilaku positif dengan cara melibatkan anak dalam kegiatan rutin sehari-hari sehingga anak dapat terbiasa melakukan perilaku positif dengan membantu orang lain. 
  2. Prearming Kelima teknik parenting yang diungkapkan oleh Grusec tersebut menjadi acuan materi pelatihan bagi orang tua untuk meningkatkan pemahaman mengenai metode-metode yang tepat dan dapat diterapkan dalam mengasuh anak. 

 

  • Penerapan Teknik parenting dapat menjadi metode atau cara untuk membantu orang tua dalam mengasuh anaknya lebih baik. Selanjutnya Brooks (2001) menjabarkan beberapa tujuan dari penerapan Teknik Parenting yaitu:
  1. Menjamin kesehatan fisik (gizi dan kesehatan) dan kelangsungan hidup anak
  2. Menyiapkan  agar anak menjadi orang dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab baik secara ekonomi, sosial dan moral.
  3. Mendorong perilaku individu yang positif, termasuk cara penyesuaian diri, kemampuan intelektual, dan kemampuan berinteraksi sosial dengan orang lain agar dapat bertanggung jawab dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *