5 Penyebab Kehamilan Berisiko Tinggi

 5 Penyebab Kehamilan Berisiko Tinggi

 5 Penyebab Kehamilan Berisiko Tinggi

Ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan Anda memiliki kehamilan risiko tinggi. Kondisi medis ini bisa terjadi saat saat kehamilan atau sebelum kehamilan. Jika memang Anda sudah memiliki kondisi medis tertentu, segera temui dokter jika Anda dan pasangan ingin memulai program hamil. Berikut beberapa kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab kehamilan risiko tinggi.

 

  1. Kondisi medis yang ada sebelum hamil

Kondisi seperti tekanan darah tinggi; masalah paru-paru, ginjal, atau jantung; diabetes; penyakit autoimun; penyakit menular seksual (PMS); atau infeksi kronis seperti human immunodeficiency virus (HIV) dapat menimbulkan risiko bagi ibu dan/atau janin.

Riwayat keguguran, masalah dengan kehamilan sebelumnya, atau riwayat kelainan genetik keluarga juga merupakan faktor risiko kehamilan berisiko tinggi.

  1. Gaya hidup

Kehamilan risiko tinggi tidak hanya disebabkan oleh penyakit yang dimiliki ibu sebelum kehamilan, tapi juga bisa disebabkan karena gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, dan penyalahgunaan obat. Hal-hal ini bisa meningkatkan risiko bayi lahir mati, prematur, berat badan lahir rendah, dan cacat lahir.

  1. Persalinan Prematur

Persalinan yang dimulai sebelum 37 minggu kehamilan. Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui wanita mana yang akan mengalami persalinan prematur atau kelahiran, ada beberapa faktor yang berisiko lebih tinggi, seperti infeksi tertentu, serviks yang pendek, atau kelahiran prematur sebelumnya.

  1. Usia

Hamil di bawah 17 tahun atau hamil di atas usia 35 tahun tergolong kehamilan berisiko tinggi. Kehamilan pada usia tersebut dianggap lebih berisiko, dibandingkan perempuan yang hamil antara usia 20-an hingga 30-an awal.

  1. Berat badan

Kelebihan dan kekurangan berat badan juga bisa menjadi pemicu kehamilan berisiko tinggi. Untuk itu, Bumil perlu menjaga berat badan agar tetap stabil

Menjalani kehamilan berisiko tinggi memang harus lebih hati-hati dan waspada. Namun, jangan sampai Bumil stres ya. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik dalam menjalani kehamilan berisiko tinggi, atau jika merasakan keluhan yang tidak biasa selama kehamilan.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *