4 Tips Mengatasi Nyeri Saat Persalinan

4 Tips Mengatasi Nyeri Saat Persalinan

4 Tips Mengatasi Nyeri Saat Persalinan

 Persalinan memang disertai rasa nyeri akibat adanya aktivitas besar di dalam tubuh untuk mengeluarkan bayi. Penyebaran nyeri pada kala satu persalinan adalah nyeri punggung bawah yang dialami ibu disebabkan oleh tekanan kepala janin terhadap tulang belakang, nyeri ini tidak menyeluruh melainkan nyeri di suatu titik.

Sebelum Anda mengetahui tips menghadapi nyeri saat persalinan, ketahuilah penyebab dari nyeri itu sendiri. Beberapa penyebab nyeri saat persalinan diantaranya adalah :

  1. Penyebab Fisik
  • Luka parut servik dari pembedahan sebelumnya dapat meningkatkan resistensi servik untuk penipisan dan pembukaan awal beberapa centimeter. Kontraksi dan intensitas besar selama berjam-jam atau berhari-hari diperlukan untuk mengatasi resistensi ini kemudian pembukaan baru bisa terjadi.
  • Ukuran janin : Persalinan  dengan ukuran janin yang besar akan menimbulkan rasa nyeri yang lebih kuat dari persalinan dengan ukuran janin normal. Karena itu dapat disimpulkan bahwa semakin besar ukuran janin semakin lebar diperlukan peregangan jalan lahir sehingga nyeri yang dirasakan semakin kuat.
  1. Penyebab Psikologis
  • Ketakutan, kecemasan, dan stess yang berlebihan Dapat menyebabkan pembentukan katekolamin dan menimbulkan kemajuan persalinan melambat. Ibu yang tidak didukung secara emosional atau mengalami kesulitan dalam persalinan yang lalu dapat meningkatkan nyeri.
  • Kelelahan dan perasaan putus asa Merupakan akibat dari pra-persalinan atau fase laten yang panjang.

Berikut 4 Tips Mengatasi Nyeri Saat Persalinan yaitu :

  1. Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan dapat mengendalikan nyeri karena dapat meminimalkan fungsi simpatis dan meningkatkan aktivitas komponen parasimpatik. Demikian ibu dapat mengurangi nyerinya dengan cara mengurangi sensasi nyeri dan dengan mengontrol intensitas reaksi terhadap nyeri ibu.

  1. Pengaturan Posisi

Ibu yang menjalani persalinan harus mengupayakan posisi yang nyaman baginya. Posisi yang dapat diambil antara lain: terlentang, rekumben lateral, dada lutut terbuka, tangan lutut, berjalan dan jongkok.

  1. Massage

Massage adalah memberikan tekanan tangan pada jaringan lunak biasanya otot, tendon atau ligamen, tanpa menyebabkan gerakan atau perubahan posisi sendi untuk meredam nyeri, menghasilkan relaksasi dan memperbaiki sirkulasi.

  1. Kehadiran Pendamping

Kehadiran pendamping selama proses persalinan, sentuhan, penghiburan, dan dorongan orang yang mendukung sangat besar artinya karena dapat membantu ibu saat proses persalinan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *