4 Pola Asuh Dalam Mendidik Anak

4 Pola Asuh Dalam Mendidik Anak

Parenting Style : 4 Pola Asuh Dalam Mendidik Anak

Orang tua memiliki gaya masing-masing dalam mendidik anak mulai dari dalam kandungan, bayi, remaja bahkan sampai usia dewasa. Pola pengasuhan orang tua yang diterapkan pada setiap tahapan usia akan terus mempengaruhi perkembangan fisik dan psikis anak.

Banyak sekali gaya pengasuhan orang tua pada anak. Anda sebagai orang tua juga harus bijaksana dalam memilih gaya pengasuhan. Berikut adalah macam-macam gaya pengasuhan orang tua :

  1. Gaya Pengasuhan Authoritative

Gaya pengasuhan authoritative menggambarkan orang tua yang mempunyai harapan yang tinggi, memberi penjelasan terhadap peraturan, dan menciptakan lingkungan yang hangat dan melindungi remaja. Orang tua authoritative adalah memberi dukungan, membuat standar yang wajar, nilai kontrol diri, dan memberikan kepada remaja mengenai peraturan yang mereka buat. Mereka percaya bahwa orang tua dan remaja sama-sama punya hak tetapi penentuan akhir dalam pengambilan keputusan ada pada orang tua.

  1. Gaya Pengasuhan Authoritarian

Gaya pengasuhan orang tua kedua diberi nama authoritarian yaitu responsifitas orang tua rendah dan terlalu tinggi tuntutan terhadap anak. Orang tua authoritarian percaya bahwa seorang remaja akan menerima dengan baik perkataan atau perintah orang tua mengenai tingkah laku mana yang dipandang baik oleh orang tua. Mengontrol remaja dengan peraturan. Mereka menggunakan ganjaran dan hukuman untuk membuat perintah dan tidak menjelaskannya.

  1. Gaya Pengasuh Indulgent

Orang tua  indulgent mencoba untuk menunjukan reaksi terhadap perilaku remaja, hasrat atau keinginan, impuls-impuls, dengan cara yang tidak menghukum, menerima, lunak, pasif dalam hal berdisiplin dan cara yang serba membolehkan. Orang tua indulgent meyakini bahwa control atau pengendalian mengganggu perkembangan anak. Orang tua indulgent  longgar secara berlebihan dan disiplin yang tidak konsisten.

  1. Gaya Pengasuhan Indifferent

Orang tua berusaha untuk melakukan apapun dan meminimalkan waktu dan energi dalam berinteraksi dengan anak. Orang tua indifferent adalah orang tua yang gagal. Mereka tidak mau tahu tentang aktivitas anak-anaknya, tidak senang menanyakan pengalaman di sekolah dengan temannya dan selalu mempertimbangkan segala keputusan yang diambil oleh anak. Orang tua indifferent adalah “parent-centered” yaitu orang tua yang hanya mengurusi hidupnya sendiri baik itu kebutuhan, keinginan, maupun hobi.

Nah, dari keempat gaya pengasuhan orang tua. Manakah pola asuh yang Anda terapkan untuk sang Anak?. Ingat jadilah orang tua terbaik di Bumi untuk anak Anda.

 

Semoga Bermanfaat

———————————–

Aqiqah Brawijaya.

Untuk Informasi Pemesanan Paket Aqiqah Kediri, Paket Aqiqah Jombang Hubungi Kami :

0852-3226-0853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *