3 Cara Deteksi Kehamilan Kosong

3 Cara Deteksi Kehamilan Kosong

3 Cara Deteksi Kehamilan Kosong

 Hasil tes kehamilan positif, tanda-tanda juga menunjukkan bahwa Anda sedang atau akan hamil. Tapi, di dunia medis banyak ibu mengalami kehamilan kosong atau kehamilan anembrionik. Hamil kosong tapi tidak pendarahan bisa terjadi ketika kondisi tersebut dideteksi sedini mungkin.

Tanda yang mirip dengan kehamilan normal memang membuat kehamilan anembrionik seringkali tak disadari. Barulah ketika muncul pendarahan, penderitanya menyadari bahwa kandungan mereka bermasalah. Kondisi ini tentu bisa berbahaya jika Anda baru menyadari mengalami hamil kosong setelah terjadi pendarahan. Terjadinya pendarahan di vagina dapat membuat Anda berisiko kehilangan banyak darah. Ada beberapa cara deteksi dini terhadap kehamilan kosong , yakni :

1 Melakukan USG

USG merupakan cara terbaik dalam mendeteksi dini hamil kosong tapi tidak pendarahan. Ketika Anda mengalami hamil kosong, maka janin tidak akan nampak saat di USG. Dengan melakukan USG, Anda dapat mengetahui keadaan kandungan Anda secara lengkap sehingga kehamilan kosong pun dapat terdeteksi. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan pemeriksaan USG kandungan secara rutin.

2 Memperhatikan tanda-tanda hamil kosong

Memperhatikan tanda-tanda hamil kosong sedini mungkin merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam mendeteksi hamil kosong tapi tidak pendarahan. Adapun tanda hamil kosong yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Mual dan muntah hilang

Ketika mual dan muntah yang semula Anda rasakan tiba-tiba hilang, maka Anda harus waspada karena bisa saja itu menjadi tanda hamil kosong tapi tidak pendarahan. Ketika usia kandungan semakin bertambah, biasanya akan terjadi mual dan muntah (morning sickness) karena perubahan hormon. Akan tetapi, pada hamil kosong, mual dan muntah itu malah berkurang atau bahkan menghilang seiring bertambahnya usia kandungan.

  • Nyeri payudara hilang

Jika sebelumnya Anda merasakan nyeri payudara, namun seiring usia kehamilan nyeri tersebut malah hilang, Anda patut mencurigai kondisi ini. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami hamil kosong.

3 Perut tak membesar

Seiring bertambahnya usia kehamilan, tentu perut hamil ibu akan semakin membesar dan meninggi ketika janin berkembang. Namun, bila perut tidak mengalami pembesaran sewajarnya, kamu patut curiga. Kemungkinan ini tanda janin tidak berkembang.

Penanganan pada kasus kehamilan kosong yaitu menunggu proses terjadi secara alami tanpa alat medis. Tapi pastikan untuk selalu memberitahu dokter jika ada perdarahan hebat yang persisten selama lebih dari dua minggu.

Demikian pembahasan terkait deteksi dini kehamilan kosong yang bisa Mama lakukan segera mungkin. Dengan langkah yang tepat, maka terhindar dari kelainan kehamilan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *